cover Macaiyla

Twitch Streamer Populer Macaiyla Dibanned

Dituduh Memberikan Ujaran Kebencian, Akun Macaiyla Kena Hukuman Banned

SSMacaiyla - Twitch Streamer Populer Macaiyla Dibanned

Twitch dan game memang dua hal yang berkaitan cukup erat. Oleh karena itu, berita mengenai Twitch tv merupakan salah satu kabar yang cukup dekat dengan para gamer. Pasalnya, Twitch adalah platform video terbesar dan terpopuler yang berfokus pada bidang industri game. Ini merupakan salah satu tempat pertama yang mungkin dipikirkan para gamer saat ingin mencari berbagai konten game menarik, seperti live streaming game oleh para pemain hebat.

Untuk mengimbangi banyaknya aktivitas yang bisa diakses dengan jumlah penggunanya, Twitch mengeluarkan beberapa aturan yang harus dipatuhi para pengguna platform tersebut termasuk para streamer. Salah satu sanksi terberat yang bisa kamu dapatkan saat melanggar aturan adalah akun yang dilarang atau lebih akrab disebut dengan dibanned.

Baru-baru ini City Of Seattle mendengar ada seorang Twitch streamer yang sangat populer mendapati akunnya telah dibanned oleh pihak platform karena tindakan terbarunya. Macaiyla juga dikabarkan telah mengakui tindakan pelanggarannya meski tidak menjelaskan lebih rinci mengenai apa tindakan yang membuatnya mendapatkan hukuman tersebut.

Macaiyla merasa perlu meminta maaf setelah baru-baru ini akun Twitch-nya dibanned untuk waktu yang lama. Mantan dari Cloud9 ini mengatakan bahwa mungkin saja hukuman akun dibanned tersebut adalah panggilan yang ia butuhkan agar bisa bangkit lagi.

Macaiyla sepertinya tidak benar-benar menjadikan hukuman sebagai tujuannya meski beberapa tokoh stream di Twitch ada yang berpendapat bahwa ini adalah sebuah lencana kehormatan bagi mereka. Meskipun ini bukanlah pertama kalinya Macaiyla berbuat salah, ia tidak mendapatkan sebuah label sebagai seseorang yang penuh drama seperti Amouranth. Kecuali pelanggarannya kali ini yang ia pun tidak menyangka akan mendapatkan hukuman tersebut. Ia mungkin akan mengambil istirahat selama dibanned oleh Twicth.

Kabar mengenai akun Macaiyla yang telah dibanned oleh Twitch pertama kali muncul dari akun Twitter dengan username StreamerBans. Dalam berita itu pun tidak ada informasi mengenai berapa lama waktu yang akan dibutuhkan streamer tersebut menunggu sampai akunnya bisa digunakan kembali. Tidak lama setelah kabar itu beredar, Macaiyla pun hadir dengan memberikan konfirmasi mengenai penangguhan yang ia dapatkan dan menambahkan bahwa waktunya selama dua minggu penuh.

Macaiyla mengatakan bahwa ia pun mengajukan banding atas akunnya yang telah dibanned dan berharap agar pelarangan tersebut bisa lebih cepat berakhir sehingga ia bisa segera melakukan streaming kembali dan menyapa para penggemarnya yang mungkin telah cukup lama menunggu.

SS Macaiyla - Twitch Streamer Populer Macaiyla Dibanned

Dalam tweet konfirmasi yang ia berikan, Macaiyla telah mengakui kesalahannya dan menjelaskan bahwa alasan ia mendapatkan hukuman adalah karena memperlihatkan perilaku kebencian yang ditujukan kepada suatu kelompok. Ia juga mengklaim bahwa itu tidak ditujukan untuk orang Korea atau pun Asia lainnya. Di samping itu, tidak ada penjelasan lebih rinci mengenai kelompok mana yang dituduh sebelumnya atau pun seperti apa konteks tuduhannya.

Twitch streamer Tyler1 juga ikut menegaskan bahwa itu bukanlah larangan karena kebencian terhadap orang Korea atau Asia karena sebelumnya ia mendapatkan kecaman karena membagikan pemikirannya tentang sebuah hidangan Korea yang terkenal. Sebagai tambahan informasi, sebelumnya Macaiyla sempat memberikan sebuah komentar mengenai dirinya yang membenci bau dari hidangan Pho dengan memberikan isyarat seperti daging itu adalah anjing.

Tentu saja hal itu menghadirkan banyak kecaman dari berbagai pihak kepada Macaiyla. Tidak beberapa lama kemudian akun Twitch dari Macaiyla pun mendapatkan hukuman banned. Walaupun ia menegaskan bahwa itu bukan karena komentarnya tentang makanan PHO, banyak dari pengguna Twitch yang justru memikirkan bahwa itulah alasan sebenarnya ia mendapatkan hukuman.

Oleh : Rani Mulyani