cover Triangle Strategy

Triangle Strategy: Gim RPG Seru

Triangle Strategy: Gim RPG Seru Yang Dibungkus Dengan Cerita Politik Penuh Intrik

SSTriangle Strategy - Triangle Strategy: Gim RPG Seru

Penggemar gim-gim Nintendo Switch harus bergembira, karena gim role playing taktikal Triangle Strategy sudah dirilis secara resmi oleh Square Enix! Seperti yang dijanjikan pada versi demonya, gim ini memberikan kombinasi apik antara kisah yang menarik, pertempuran yang seru, pilihan rute yang beragam, serta campaign (alur cerita yang melibatkan beberapa karakter yang sama) yang bisa dikatakan nyaris sempurna. Tak hanya itu, gim ini juga memberikan beberapa ending yang tidak diduga-duga.

Dalam dunia grafis HD-2D yang bernama Norzella, kamu akan memainkan protagonis utama bernama Serenoa Wollfort, seorang pewaris House Wollfort dan anak dari seorang pejuang legendaris, Symon Wollfort. Dalam dunia ini, tiga kerajaan, Aesfrost, Glenbrook, dan Hyzante berusaha mempertahankan aliansi rapuh mereka yang terbentuk setelah berakhirnya Perang Saltiron. Prolog Triangle Strategy diakhiri dengan hancurnya aliansi tersebut, lalu petualanganmu sebagai Serenoa di dalam lanskap politik Norzella akan segera dimulai.

Di awal permainan, https://cityofseattle.net/ melihat alur ceritanya memang terasa lambat dan dipenuhi dengan banyak dialog antar karakter yang terkesan terlalu panjang. Tapi tenang saja karena kesabaranmu pasti terbayar! Tak hanya kamu akan dibuat hanyut dengan karakter-karakter di dalamnya, gim ini juga akan mendorongmu ke situasi-situasi yang tak terduga dan memaksamu menentukan beberapa pilihan yang sulit. Bahkan, pilihanmu itu akan mempengaruhi siapa yang hidup dan siapa yang harus mati. Karena tentu saja, beberapa pengorbanan harus dilakukan untuk meraih kemenangan sejati.

Untuk membangun alur cerita sekompleks ini, jelas dibutuhkan campaign yang dipikirkan dengan sangat matang. Tomoya Asano, produser dari gim ini memang pernah mengatakan bahwa memang ia ingin membawa Triangle Strategy ke arah yang sedikit berbeda, seperti menyuntikkan banyak unsur politik dan masalah dunia nyata ke dalamnya. Masalah perbudakan, rasisme, serta manipulasi kepercayaan dan ketakutan massa, semuanya terasa intens di dalam permainan ini.

Contoh lain mengenai perbedaan gim ini dengan tipe gim JRPG lain yang lebih tradisional adalah kamu tidak perlu mengalihkan fokus permainanmu ke beberapa protagonis. Kamu akan terkunci di dalam sudut pandang Serenoa Wollfort saja dan inilah yang akan membuat petualanganmu terasa lebih real.

Triangle Strategy2 - Triangle Strategy: Gim RPG Seru

Kesimpulannya, cerita yang berhasil dibangun oleh Triangle Strategy amat sangat menarik. Permainan ini juga berhasil memuaskan hati para penggemarnya di aspek pertarungan, dengan banyaknya set-piece battles yang didesain secara intrik. Kamu tak hanya akan bertarung bersama non-player characters yang random, tapi kamu juga akan berjuang bersama karakter-karakter yang terasa seperti kawan sejawatmu sendiri.

Sedikit kritik untuk Triangle Strategy adalah durasi pertarungannya yang kadang terasa terlalu panjang dan bertele-tele. Bahkan ada pertarungan yang berlangsung selama 30 hingga 45 menit lamanya. Namun menjelang akhir permainan, lebih banyak variasi pekerjaan akan terbuka untukmu, seperti misi menjinakkan bom dan misi pengawalan.

Di samping pertarungan yang terlalu panjang dan kelas-kelas pekerjaan yang kurang fleksibel, waktu untuk membeli senjata dan peralatan baru juga cukup terbatas. Sistem pertarungannya memang cenderung sederhana, namun alih-alih terasa seperti modernisasi, hal ini justru terkesan seperti loop gameplay yang terlalu dipaksakan.

Akan tetapi, selain pertarungan dan dialog yang panjang, serta beberapa aspek permainan yang kurang fleksibel, Triangle Strategy dijamin tetap akan membuat otak berputar dan jantung berdebar. Elemen storytelling dan world building yang apik tidak bisa diabaikan begitu saja. Lupakan serial Game of Thrones, pertahankan kedamaian politik di Norzella sekarang juga!