Terjadi Pencucian Uang Di Aplikasi Twitch Oleh 18 Orang

Terjadi Pencucian Uang Di Aplikasi Twitch Oleh 18 Orang

7 views
0

18 Orang Ditangkap Dalam Skandal Pencucian Uang Di Twitch Lagi

SSTwitch - Terjadi Pencucian Uang Di Aplikasi Twitch Oleh 18 Orang

Di zaman digital seperti sekarang ini, para penjahat memiliki sangat banyak cara untuk melakukan kejahatannya dan juga sangat pintar untuk menyembunyikan hasil kejahatannya dari para polisi. Kamu mungkin tahu bahwa salah satu situs live streaming terbesar di dunia adalah Twitch. Baru-baru ini, City Of Seattle mendengar adanya kabar yang tidak mengenakkan datang dari Twitch, unit polisi cybercrime yang berpusat di Istanbul telah menangkap 18 orang tersangka pencucian uang dan penipuan Twitch.

Twitch, Platform milik Amazon ini telah banyak menuai kontroversi, beberapa di antaranya adalah kebijakan konten, tuduhan standar ganda, dan hal-hal yang terkait dengan penipuan. Dalam skandal pencucian uang di Twitch yang telah di selidiki baru-baru ini, sekelompok live streamer diduga terlibat.

Turkilah menjadi pelapor pertama atas tindakan kejahatan ini. Dilaporkan bahwa sekelompok  penjahat membeli Bit (mata uang Twitch) kemudian mereka kirimkan pada content creator. Menurut laporan yang disampaikan oleh polisi cybercrime, para penjahat ini mencuri data milik nasabah suatu bank di negaranya untuk membeli Bit dan kemudian memberikannya pada content creator dengan jumlah yang sangat fantastis.

Ini merupakan kejahatan yang terorganisir para tersangka ini berkolaborasi dengan para streamer di Twitch untuk memudahkan langkah mereka demi mendapatkan uang yang banyak. Para streamer berperan untuk menyimpan 20% bit yang di terima dan 80%nya akan dikembalikan pada para tersangka namun di rekening bank yang berbeda.

Beberapa discord bocor di Laman Twitter oleh para streamer, sehingga membuat kejahatan ini langsung terungkap. Para streamer berusaha untuk mengajak para polisi bekerja sama dengan mereka. Di sisi lain juga, pihak dari Twitch telah menindak para mitra sebanyak 150 orang  atas penyalahgunaan alat monetisasi dan atas kerja sama mereka dengan para peretas yakni penjahat yang melakukan pencucian uang.

Banyak platform streaming telah mengalami penurunan sejak tahun 2021, khususnya Twitch, platform ini telah mengalami penurunan yang signifikan. Ada beberapa alasan yang membuat penurunan ini, namun yang berpengaruh besar adalah platform Twitch ini menangani sejumlah masalah mulai dari bagaimana memperlakukan para streamer sampai masalah kompensasi. Situasinya sangat rumit sampai perubahan terbesarnya dimulai pada akhir tahun 2021.

SS Twitch - Terjadi Pencucian Uang Di Aplikasi Twitch Oleh 18 Orang

Pada tahun 2021, rincian penipuan ini pertama kali terungkap Ketika sourcecode Twitch bocor dan memperlihatkan rincian pembayaran streamer. Ada beberapa streamer yang mendapat bayaran jauh dari apa yang seharusnya mereka dapatkan, padahal pengikut mereka tidak banyak, hal ini ada diketahui dari data yang bocor sebelumnya. Sejak saat itu, para pengguna Twitch telah meminta pihak Amazon untuk mengambil Tindakan dalam mencegah penipuan dan pencucian uang seperti yang terjadi.

Pihak Turki bukan kali ini saja melakukan operasi terkait tindakan penipuan dan pencucian uang. Pada bulan Januari lalu, polisi cybercrime Turki telah menangkap 40an tersangka di 11 provinsi berbeda yang diduga terkait dengan aksi pencucian uang tersebut. Mehmet Yagiz “cNed” Ipek, ia adalah salah seorang streamer Valorant di Twitch yang terlibat dalam skandal ini, pada bulan November lalu mengaku  telah mendapatkan banyak keuntungan, namun ketika beritanya tersebar di media, ia menolaknya mentah-mentah.

Meski belum diketahui secara jelas seberapa jauh penipuan ini tersebar, gelombang penangkapan baru yang dilakukan oleh unit polisi cybercrime Turki telah menangkap 18 tersangka sehingga menjadi total 58 tersangka penipuan dan pencucian uang di Twitch sedangkan para tersangka lain masih dalam tahap pencarian.

Oleh : Rani Mulyani