cover Starfield

Starfield Berikan Update Audio Dan Musik Dalam Gamenya

Audio dan Musik Game di Video Terbaru Starfield

SS 2Starfield - Starfield Berikan Update Audio Dan Musik Dalam Gamenya

Musik dan audio memang menjadi salah satu unsur penting dalam game yang membuat pengalaman bermain gamer menjadi lebih menyenangkan. Mungkin perhatian para gamer terhadap kedua hal tersebut tidak sebesar grafis dari sebuah game, namun audio dan musik juga bukanlah sebuah unsur yang bisa dilewatkan begitu saja. Musik dan audio bisa saja menjadi salah satu hal yang membuat para penggemar teringat akan game tersebut.

Menurut City Of Seattle salah satu contoh game yang punya musik dan audio ikonik sepanjang masa adalah Harvest Moon Friends of Mineral Town yang membuat banyak orang bernostalgia hanya dengan mendengarkannya. Bahkan musik dari game tersebut sering dijadikan sebagai sebuah latar dalam banyak video yang beredar di internet. Entah itu video mengenai game itu sendiri atau justru topik lain yang tidak ada kaitannya.

Mengingat betapa pentingnya musik dan audio ini, Bethesda pun memperhatikannya dengan detail demi menghadirkan permainan yang sesuai harapannya. Dalam video terbaru untuk berita Starfield, sang pengembang sengaja memperkenalkan audio dan musik yang ada dalam permainan. Tidak main-main, yang ada dibalik audio dan musik dari Starfield adalah orang-orang hebat pada bidang tersebut. Sebut saja Inon Zur yang sudah terkenal dengan karir komposernya, dan Mark Lampert yang menjadi direktur audio.

Bethesda memang merupakan salah satu pengembang game yang punya reputasi baik dan dikenal dengan penekanan musik-musik dalam permainan yang mereka ciptakan. Starfield sendiri pertama kali diumumkan di tahun 2018 dan mengingat reputasi dari pengembangnya membuat banyak penggemar yang akhirnya penasaran dengan musik juga melodi utama dari game tersebut. Mereka juga mulai berniat untuk membandingkannya dengan waralaba terkenal Bethesda lainnya seperti Elder Scrolls dan juga the Fallout.

Bethesda pun tentu sadar dengan hal tersebut, sehingga tanpa ragu mereka menggandeng Inon Zur yang sebelumnya sudah terkenal dengan banyak karya musik gamenya, di antaranya, Fallout yang juga karya dari pengembang Starfield, Pathfinder, dan juga Dragon Age. Sehingga tidak diragukan lagi jika Inon Zur disebut-sebut sebagai komposer favorit dari pengembang game yang dikenal dengan Bethesda Game Studios tersebut.

Baca juga info seputar Bethesda lainnya : Fitur Game Ghostwire Yang Akan Segera Dirilis

Komposer Inon Zur ini bersama dengan Mark Lampert selaku sutradara audio terlihat membahas suara petualangan di video promosi terbaru dari game aksi dan RPG ini dengan judul Into the Starfield. Sepertinya mereka akan membuat penekanan khusus untuk membentuk identitas menyeluruh dari musik Starfield dengan tetap mengaitkan tema utamanya. Inon Zur pun menjelaskan dengan cukup detail  mengenai seluruh keputusan yang dibuatnya dalam melodi hingga instrumen untuk menghasilkan sebuah karya musik berkesan.

SS 1Starfield - Starfield Berikan Update Audio Dan Musik Dalam Gamenya

Inon Zur menjelaskan secara singkat bahwa ia ingin membangkitkan kerinduan penjelajahan dan membangkitkan rasa ingin tahu pemain saat mendengarkan musik Starfield. Perkembangan dari siklus utama game RPG tersebutlah yang membangun identitas dari permainan yang rencananya akan dirilis di akhir tahun 2022 ini tepatnya pada 11 November mendatang.

Instrumen ini didesain untuk mewakili dualitas ruang, mulai dari senar dengan permainan akord panjang hingga suara tiupan angin dengan urutan frekuensi tinggi. Lukisan musikal yang tak terukur dari luasnya sebuah ruangan mungkin dapat menjadi gambaran bagi tema Starfield ini. Apalagi partikel kecilnya yang tampak terjalin selamanya secara bersamaan.

Mark Lampert juga memberikan banyak pendapat mengenai proyek yang ia dan Zur lakukan. Ia berkata bahwa menyembunyikan sebuah blok pembangunan dengan desain cerdas mungkin tidak akan disadari oleh para pemain, namun akan memberikan sebuah pengalaman dengan atmosfer kohesif yang membuat permainan terasa semakin menyenangkan. Apalagi identitas musik dari game Starfield ini direncanakan untuk diletakan dengan cara yang sama.