CEO EA Sebut Merek FIFA Hambatan Permainan Sepak Bolanya

CEO EA Sebut Merek FIFA Hambatan Permainan Sepak Bolanya

2 views
0

Merek FIFA Disebut Hambatan Permainan Sepak Bolanya Oleh CEO EA? Yuk, Simak Penjelasannya Di Sini!

 

EA vs FIFA - CEO EA Sebut Merek FIFA Hambatan Permainan Sepak Bolanya

 

Sebenarnya ada apa antara CEO EA dan merek sepak bola FIFA sampai disebut sebagai hambatan? Sejak bertahun-tahun lalu, EA dan FIFA bekerja sama dalam menyajikan permainan sepak bola bagi para gamer yang menyukai permainan ber-genre sport ini. Saat https://cityofseattle.net/ dan kamu akan memulai permainan sepak bola paling populer tersebut, di awal permainan, kamu pasti akan melihat logo EA juga. Bahkan saat kamu melihat sampul kaset dari game tersebut.

Secara tidak langsung, pihak EA ini mengatakan bahwa tidak banyak hal yang mereka dapatkan dari FIFA. Hanya sebatas tulisan yang terdiri dari empat huruf saja. Karena hal itu dan mungkin alasan lainnya, Andrew Wilson yang merupakan Chief Executive Officer atau yang biasa disingkat dengan CEO dari EA ini sudah mengusulkan untuk berpisah dari nama FIFA.

Hal ini dikarenakan ada banyak poin yang mungkin nantinya menjadi sebuah perpecahan dalam pertemuan internal yang biasanya dilakukan oleh FIFA dan pihak dari Electronic Arts atau yang biasa disingkat EA. Pernyataan kontroversial lainnya dari CEO ini adalah bagaimana permainan sepak bola EA dinilai akan lebih baik tanpa kerja sama jangka panjang yang mereka lakukan dengan FIFA.

FIFA sendiri adalah series permainan video yang mengusung tema olahraga tim, lebih tepatnya sepak bola yang dirilis oleh EA Sports. Seri permainan ini sudah cukup tua jika dilihat dari kapan permainan dengan nama ini pertama kali rilis. Game tersebut pertama kali rilis dengan nama FIFA International Soccer pada tanggal 15 di bulan Juli 1993. Pada saat itu, saking terkenalnya, permainan ini sampai mendapatkan lisensi langsung dari Lembaga sepak bola berbasis internasional, yaitu, FIFA.

Perusahaan yang merilis permainan ini sejak tahun 1993 adalah EA. Electronic Arts kepanjangannya adalah salah satu perusahaan games terbesar di dunia, bahkan berada di urutan ke dua untuk bidang ini. Sudah berdiri dari tahun 1953, EA  sudah menerbitkan berbagai macam permainan yang sudah menghibur para gamer dari generasi ke generasi hingga saat ini.

Bahkan untuk permainan FIFA saja, EA sudah merilis hampir 30 seri di mana yang terbaru adalah FIFA 22 yang menampilkan berbagai liga dan pengalaman bermain yang semakin berkembang. Ini menandakan bahwa EA telah memegang lisensi nama FIFA ini hampir 30 tahun, karena setiap seri diperbarui setiap tahunnya. Lisensi ini biasanya berlaku selama 10 tahun, sehingga sebentar lagi masa lisensinya akan berakhir. Kecuali jika EA memutuskan untuk memperpanjang lisensi.

Pada sebuah wawancara yang dilakukan di akhir tahun 2021, EA menyatakan kemungkinan mereka tidak akan menggunakan nama FIFA lagi. Hal ini juga ditambahkan dengan pernyataan bahwa EA bukan hanya sekadar permainan sepak bola saja.

Di lain sisi, pihak FIFA juga mengumumkan kalau mereka pun sedang berusaha untuk mengakhiri pengaturan eksklusif yang selama ini dengan EA. Mereka juga menambahkan bahwa akan mencoba untuk menjangkau lebih banyak lagi perusahaan-perusahaan yang ada di bidang game.

Dilihat dari pernyataan CEO dari EA, sepertinya kemungkinan untuk perpanjangan lisensi akan sulit untuk diwujudkan. Masih ada kemungkinan bahwa EA akan merilis FIFA 23 setelah Piala Dunia Qatar yang akan berlangsung di tahun ini. Namun, pada game berikutnya lagi, belum ada kepastian apakah EA masih menggandeng nama FIFA atau tidak. Kita akan menunggu informasinya ke depan.

Referensi:

https://www.gamespot.com/articles/ea-ceo-reportedly-calls-fifa-brand-an-impediment-to-its-football-games/1100-6500991/