Koleksi Game Final Fantasy Yang Wajib Kamu Mainkan

Koleksi Game Final Fantasy Yang Wajib Kamu Mainkan

8 views
0

7 Game Final Fantasy Terbaik Sepanjang Masa Dan Wajib Masuk List Kamu

SSFFall - Koleksi Game Final Fantasy Yang Wajib Kamu Mainkan

Kalau berbicara mengenai game bergenre MMORPG, pasti City Of Seattle akan merekomendasikan seri game Final Fantasy. Pasalnya, game aksi dan RPG yang bisa dimainkan secara online ini sudah memiliki banyak penggemar setia dari berbagai generasi semenjak perilisan seri pertamanya yang sudah terjadi kurang lebih 35 tahun yang lalu.

Baru-baru ini, Square Enix sebagai pengembang dari seri video game dengan judul Final Fantasy tersebut baru saja merayakan ulang tahun yang ke 35 dengan merilis sebuah website khusus yang membuat semua hal tentang Final Fantasy. Square Enix juga mengabarkan bahwa kelak semua informasi terbaru mengenai game itu termasuk perilisan Final Fantasy XVI akan diumumkan melalui website itu.

Kamu dapat mengetahui berbagai informasi menarik tentang Final Fantasy. Jika kamu belum sempat memainkan seri awal dari game aksi dan RPG itu tapi penasaran bagaimana gambaran gameplay dan storyline-nya, kamu bisa mencari tau dengan mengakses situs pribadi dari permainan dengan banyak penggemar itu.

Sudah bertahan selama 35 tahun dunia games ff, tentu sudah banyak seri game yang dikeluarkan untuk waralaba Final Fantasy. Untuk seri utamanya saja sudah ada 15 seri game Final Fantasy yang dirilis semenjak tahun 1987. Dan setiap seri telah merebut banyak sekali hati para penggemarnya.

Jika kamu masih baru dan berniat untuk lebih mendalami seri game Final Fantasy tetapi merasa berat jika harus menyelesaikan semua serinya. Kamu bisa memilih beberapa game terlebih dahulu dan mengurutkannya dari yang pertama akan kamu coba. Dengan begitu kamu jadi lebih bisa fokus menikmati satu seri terlebih dahulu dan tidak bingung. Karena terkadang rasa bingung membuat kita jadi tidak melakukan apa-apa.

Kamu bisa membuat list game Final Fantasy dengan melihat beberapa rekomendasi yang sudah banyak beredar di internet. Walaupun setiap selera orang berbeda-beda, daftar rekomendasi akan memperkecil pencarian kamu dan membuat kamu lebih mudah untuk memilih. Oleh karena itu, mari simak 7 rekomendasi Final Fantasy terbaik yang bisa kamu coba.

1.          Final Fantasy XIV

S Final Fantasy XIV - Koleksi Game Final Fantasy Yang Wajib Kamu Mainkan

Seri ke 14 dengan ekspansi baru berjudul Shadowbringer menjadi salah satu game Final Fantasy terbaik yang bisa untuk kamu coba. Ekspansi yang satu ini mendapat banyak sekali respons positif dari para penggemar setia game tersebut. Square Enix dikatakan telah berhasil mengantarkan permainan ini menjadi salah satu seri game Final Fantasy yang punya banyak konten menarik dan melebihi ekspektasi pemain.

Kesuksesan dari ekspansi ini juga diawali dengan ekspansi lainnya yang tidak kalah ramai diperbincangkan. Final Fantasy XIV – Shadowbringer disutradarai oleh Naoki Yoshida yang memang sudah memiliki banyak jam terbang. Permainan ini pun dianggap sangat luar biasa.

Shadowbringer sendiri merupakan ekspansi ketiga dari seri Final Fantasy yang keenam belas itu. Banyak kritikus game yang memuji storyline dan semua fitur yang mendukung ekspansi ini sampai mendapatkan gelar expansion of the year. Bahkan dari satu ekspansi saja, Square Enix berhasil menggaet total kumulatif pemain Final Fantasy XIV yang mencapai kurang lebih 18 juta akun di bulan Desember 2019.

Dalam Final Fantasy XIV – Shadowbringer, kamu akan melihat beberapa elemen dan juga karakter ikonik dari Nier: Automata. Game karya Square Enix yang memiliki genre aksi dengan latar di masa depan. Gameplay-nya kurang lebih sama dengan seri Final Fantasy lainnya, namun kamu akan mendapati bahwa saat menyerang musuh, para pengguna Tank sudah tidak akan menerima penalti lagi. Ada banyak hal juga yang lebih sederhana ditambah cerita yang menarik.

2.          Final Fantasy VII

S Final Fantasy VII - Koleksi Game Final Fantasy Yang Wajib Kamu Mainkan

Walaupun sudah dirilis dari kurang lebih 25 tahun yang lalu, seri ke tujuh dari Final Fantasy sudah terkenal dan memiliki banyak sekali penggemarnya hingga detik ini. Dengan gameplay utama standar yang sama dengan seri lainnya, seri ketujuh mengisahkan tentang seorang tentara bayaran bernama Cloud Strife.

Cloud Strife mempunyai misi untuk menghentikan megakorporasi yang punya tujuan buruk, yaitu, mengendalikan dunia. Pasalnya, dengan mengendalikan dunia, megakorporasi dapat mempunya sumber energi besar yang tidak memiliki batasan dan berasal dari esensi kehidupan planet yang menjadi latar belakang permainan itu.

Dalam permainan ini kamu akan bisa bertualang dengan menjadi Cloud. Ada banyak hal yang akan kamu temui dalam perjalananmu mengejar mantan anggota yang merupakan pengkhianat dari megakorporasi tersebut. Di sini, kamu bisa menjalin komunikasi dan berteman dengan semua karakter yang kamu temui. Mungkin saja dari sana kamu menemukan berbagai macam petunjuk menarik.

Jika kamu merasa ragu dengan kualitas gambar dan grafis dari game seri ini mengingat sudah sangat lama sejak pertama kali dirilis, kamu tidak perlu khawatir karena versi remastered sudah beredar di pasar sejak hampir tiga tahun yang lalu. Masih terbilang baru, bukan? Apalagi jika kita bandingkan dengan versi aslinya, tentu ini sudah sangat baru. Kamu tidak perlu khawatir mengenai segala kendala teknis yang mungkin saja terjadi.

3.          Final Fantasy IX

S Final Fantasy IX - Koleksi Game Final Fantasy Yang Wajib Kamu Mainkan

Di urutan ketiga ada Final Fantasy IX atau Final Fantasy 9 yang dirilis pada tahun 2000. Game ini juga sudah mendapat remastered. Bahkan, saking terkenalnya permainan aksi dan RPG yang satu ini, seri kesembilan itu dikabarkan akan mendapatkan remake dan baru akan dirilis pada tahun ini. Jika kamu cukup sabar, kamu juga bisa menunggu remake-nya saja yang telah mendapatkan berbagai macam penyesuaian dengan game tahun sekarang. Mungkin saja kamu akan menemukan hal baru di sini.

Storyline seri kesembilan dari game yang biasa disingkat dengan FF ini memiliki latar waktu di abad pertengahan. Gaia adalah sebutan dari abad pertengahan di dunia fantasi tersebut. Perang antar negara masih akan menjadi fokus utama dalam seri permainan yang sangat populer itu.

Zidane Tribal adalah karakter utama game yang akan kamu mainkan. Kamu akan berperan sebagai karakter tersebut yang memiliki latar belakang sebagai seorang pencuri. Bukan, dia tidak mencuri barang-barang dengan nilai jual tinggi dan kemudian menukarnya dengan uang, melainkan menculik Garnet Til Alexandros XVII yang merupakan seorang tuan putri dari negara yang sedang berperang. Aksi penculikan yang dilakukan Zidane ini semata-mata sebagai sebuah taktik yang dilakukan oleh negara tetangga.

Dalam perjalanan untuk menghentikan perdamaian, ada banyak hal yang bisa kamu temui. Menaikkan level sudah seperti kewajiban yang harus kamu lakukan di game tersebut. Pasalnya, semakin tinggi level yang kamu punya, akan semakin mudah kamu menyelesaikan seluruh tugas dan misi yang ada di Final Fantasy IX itu.

4.          Final Fantasy X

S Final Fantasy X - Koleksi Game Final Fantasy Yang Wajib Kamu Mainkan

Final Fantasy X juga tidak kalah populer dibandingkan dengan seri sebelum dan sesudahnya. Permainan ini masih memiliki banyak sekali penggemarnya yang tersebar di seluruh dunia. Dengan storyline dan gameplay menarik, tidak salah jika Final Fantasy X tetap menjadi salah satu seri yang patut masuk dalam list game kamu. Permainan yang dirilis setahun setelah seri sebelum ini, memberikan banyak sekali ekspektasi untuk seri selanjutnya.

Final Fantasy X adalah game bertemakan RPG dengan menggunakan perpektif dari orang ketiga. Sehingga kamu bisa melihat seluruh badan dari karakter utama yang dimainkan. Permainan ini memang dirilis pertama kali pada tahun 2001 untuk perangkat PlayStation 2. Akan tetapi, bukan berarti kamu tidak bisa memainkannya di platform lain. Square Enix yang mengerti semua penggemar telah merilis ini ke berbagai perangkat berbeda. Yang paling terbaru yaitu pada tahun 2016 untuk perangkat PC beroperasi sistem Microsoft Windows.

Pada seri kesepuluh itu, cerita akan terpusat pada dunia Fantasi Spira. Kamu akan diperkenalkan dengan sekelompok petualangan yang memiliki tujuan untuk mengalahkan Sin. Sin adalah seekor monster mengamuk, tentunya sangat membahayakan keselamatan orang-orang yang ada dalam cerita game karya Square Enix tersebut.

Seorang atlet bintang bernama Tidus adalah karakter yang akan kamu perankan di sini. Tidus diceritakan kehilangan Zanarkand yang merupakan kota kelahirannya karena Sin. Ia pun berakhir di Spira karena musibah tersebut dan bertemu dengan sekelompok petualangan itu. Ia yang akhirnya menjadi wali dari Yuna, ikut bertualang untuk mengalahkan monster Sin itu.

5.          Final Fantasy XV

S Final Fantasy XV - Koleksi Game Final Fantasy Yang Wajib Kamu Mainkan

Ini dia seri terbaru dari cerita utama FF dengan judul Final Fantasy XV. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 di platform Xbox One dan PlayStation 4, permainan ini langsung mendapatkan banyak respons positif yang membangkitkan semangat Square Enix untuk menyebarluaskan game yang satu ini hingga terciptalah Final Fantasy XV yang bisa dimainkan menggunakan perangkat PC dan juga Stadia yang telah menjadi final fantasy terbaik selama ini.

Di sini kamu akan berperan sebagai seorang pewaris takhta Lucian yang bernama Noctis Lucis Caelum yang bertugas menyelamatkan kota Insomnia dan juga dunia Eos dari kegelapan yang abadi. Hal ini bermula saat Niflheim mencuri kristal pusaka untuk mendapatkan kekuatan menguasai seluruh alam semesta.

Dalam perjalanannya menyelamatkan dunia, Noctis melakukan perjalanan mendebarkan. Ia banyak belajar selama perjalanan tersebut dan terus berusaha berperan menjadi seorang Raja yang seharusnya demi mengambil kembali kristal yang selama ini telah dijaga oleh ia dan keluarganya.

Sebagai seorang pewaris takhta, kamu akan bisa memerintahkan beberapa karakter sesuai dengan taktik yang ingin kamu terapkan. Kamu bisa melawan musuh dengan kemampuan sendiri atau memanfaatkan dengan baik kekuatan karakter lain. Musuhnya akan muncul dengan random di sepanjang perjalanan, sehingga kamu harus selalu berhati-hati.

6.          Final Fantasy XII

S Final Fantasy XII - Koleksi Game Final Fantasy Yang Wajib Kamu Mainkan

Di tahun 2006, Final Fantasy XII memberikan sebuah terobosan dengan sistem open world yang dibalut dengan video pertempuran yang mulus dan memanjakan mata saat itu. Walaupun jika kamu memainkannya di tahun sekarang, itu akan terasa biasa saja. Permainan ini sudah mengikuti zaman dan kompatibel untuk beberapa perangkat kekinian, di antaranya, Xbox One, Nintendo Switch, PC, hingga PlayStation 4.

Rozarria dan Archadia adalah nama dari dua negara besar yang sedang melakukan peperangan di dunia Ivalice. Jika seri lainnya hanya terpaku pada satu atau dua negara saja, di seri kali ini ada satu negara lagi yang bernama Dalmasca. Negara ini merupakan sebuah negara kecil yang letaknya berada di tengah-tengah antara kedua negara besar yang sedang berperang.

Cerita ini akan berfokus terhadap perjuangan Dalmasca untuk mendapatkan kedamaiannya. Semuanya menjadi berubah setelah Archadia berusaha untuk menjajah Dalmasca. Ashe yang merupakan seorang tuan putri kerajaan, akhirnya memutuskan untuk melakukan gerakan perlawanan demi membela tanah airnya.

Dengan tujuan utama melawan tirani yang dilakukan oleh kekaisaran Archadian, perlahan Ashe menemukan banyak sekutu. Salah satu yang paling berpengaruh dalam aksi Ashe adalah pertemuannya dengan Vaan yang akhirnya ikut membantu dirinya untuk memperjuangkan Dalmasca.

7.          Final Fantasy VI

S Final Fantasy VI - Koleksi Game Final Fantasy Yang Wajib Kamu Mainkan

Di urutan terakhir rekomendasi game Final Fantasy terbaik, kamu akan menemukan Final Fantasy VI. Square Enix baru saja merilis seri keenam game ini untuk perangkat PC, iOS, dan juga Android. Ya, benar, kamu bisa memainkan seri game Final Fantasy yang satu ini melalui HP milikmu. Tentu saja, grafis dan elemen lainnya telah disesuaikan dengan game di tahun ini, walaupun seri aslinya telah dirilis sejak tahun 1994.

Kalau biasanya seri game Final Fantasy memiliki dunia dan latar waktu sendiri, seri keenam dari game legendaris ini mengambil latar waktu yang sekilas tampak seperti Revolusi Industri Kedua. Kamu dapat memainkan empat belas karakter dan mengikuti perkembangan mereka.

Tema yang lebih matang dan dewasa akan kamu temui di seri yang satu ini, di antaranya, menggunakan senjata kimia untuk berperang, mengejar senjata magis yang berbahaya, pemberontakan untuk melawan militer tidak bermoral yang diktator, apokaliptik, penggambaran kekerasan, dan masih banyak lagi.

Dalam permainan ini kamu akan melakukan perjalanan melewati dungeons dan juga perkotaan. Di perjalanan itu kamu akan menemukan banyak karakter yang bisa diajak untuk berkomunikasi dan berteman. Tentu saja, para karakter ini akan berperan penting dalam misi-misi yang sedang kamu kerjakan, setidaknya mereka akan menawarkanmu informasi yang mungkin akan berguna.

Nah, itulah 7 game Final Fantasy terbaik yang wajib masuk list game kamu. Walaupun kebanyakan dari seri ini memiliki tahun awal rilis yang terbilang sudah sangat lama, kamu tetap akan bisa menikmatinya karena Square Enix sudah membuat penyesuaian untuk perangkat-perangkat populer sekarang.

Dengan dilakukan penyesuaian ini, tentu saja grafis dan suaranya sudah ikut disesuaikan juga, sehingga kamu tidak perlu ragu dengan hal itu. Lebih menariknya lagi, ada seri Final Fantasy yang bisa kamu mainkan hanya dengan berbekal HP dengan sistem operasi iOS mau pun Android. Tentu saja kau perlu memerhatikan spesifikasi dari HP-mu jika kamu berniat memainkannya di perangkat itu.

Seri Final Fantasy yang tidak masuk dalam daftar kali ini bukan berarti tidak seru untuk dimainkan. Pasalnya, semua seri Final Fantasy memiliki keunikan yang membuat para penggemar terus mengikutinya dari awal sampai dengan yang paling terbaru ini, spin-off dengan judul Strange of Paradise: Final Fantasy Origin. So, mau main seri Final Fantasy yang mana dulu nih?