Cover Steam Deck SSD

Hindari Modding SSD Steam Deck

Modding SSD Steam Deck Mempersingkat Masa Pakai Konsol

SS Steam Deck SSD 2 - Hindari Modding SSD Steam DeckHindari Modding SSD Steam Deck demi daya tahan mesin konsol yang lebih lama. Modding menjadi salah satu kegiatan favorit yang sering dilakukan oleh banyak gamer. Pasalnya, Mod dapat membuat pengalaman bermain sebuah permainan atau pun perangkatnya menjadi berbeda dan lebih menyenangkan. Di mana selalu ada banyak hal baru yang bisa kamu temukan dengan mencobanya.

Baca Juga : Akses Xbox Gaming Dari Edge Steam Deck

Mod sendiri ada berbagai macam modelnya dan terus berkembang seiring dengan kreativitas yang dimiliki para gamer di seluruh dunia. Baru-baru ini, para pengguna Steam Deck sedang ramai membicarakan tentang keberhasilan seorang modder memasukkan SSD yang lebih besar ke dalam perangkat Steam Deck. SSD ini tentu memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan lebih banyak game di dalamnya.

Sang modder juga menunjukkan langkah-langkah yang harus dilakukan jika para pengguna lain ingin melakukan hal yang sama. Akan tetapi, salah seorang desainer Valve juga mendengar kabar tersebut dan segera memperingati para pengguna Steam Deck agar tidak melakukannya. Ia mengatakan bahwa memasukkan SSD yang lebih besar ke Steam Deck akan memperpendek umur alias membuat perangkat tersebut lebih cepat rusak.

Seperti yang diketahui, Steam Deck telah diluncurkan sejak bulan Februari, tentu ini adalah waktu yang cukup untuk memahami segala hal tentang perangkat portable karya Valve tersebut. Perusahaan yang menaungi Steam itu bahkan telah menambahkan dukungan untuk Windows. Menurut City Of Seattle Langkah tersebut membuktikan tujuan Valve yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah perangkat yang tidak hanya sekadar konsol game saja, melainkan seperti sebuah PC portable.SS Steam Deck SSD 3 - Hindari Modding SSD Steam DeckMelihat masa depan Steam Deck yang semakin cerah dan betapa konsol game ini serbaguna, banyak dari penggemar yang mencoba memodifikasi perangkat tersebut dengan tujuan mereka sendiri. Salah satu modder pun menarik perhatian salah seorang desainer Valve dengan apa yang telah ia coba lakukan, yaitu, memasukkan SSD yang lebih besar ke dalam perangkat.

Salah seorang desainer yang memberikan peringatan tersebut adalah Lawrance Yang. Ia mengatakannya melalui akun Twitter pribadinya di mana tweet tersebut ditujukan tidak hanya kepada sang modder, melainkan juga kepada semua pengguna Steam Deck yang berniat untuk mencoba memasang SSD yang lebih besar tersebut.

Yang mengunggah tweet yang cukup mendesak berisikan anjuran agar mereka tidak mencoba memodifikasinya. Ia juga menambahkan pesan bahwa hal tersebut secara singkat dapat mempersingkat masa pakai dari sistem Steam Deck. Tidak sampai di situ, Yang menjelaskan alasan hal tersebut bisa terjadi karena IC pengisi daya perangkat tersebut sudah menjadi sangat panas.

Modding Yang Akan Mengakibatkan Suhu Panas Dalam Konsol Meningkat

SS Steam Deck SSD - Hindari Modding SSD Steam DeckJika penambahan hard drive 2242 M.2 yang seharusnya tidak dilakukan ini tetap dicoba pun akan memerlukan pemindahan bantalan termal pelindung. SSD standar tentu tidak akan bisa mengimbangi hard drive yang lebih besar. Hal ini akan menyebabkan perangkat konsol tersebut akan menjadi terlalu panas. Tentu akan berpengaruh terhadap masa pakai dari Steam Deck.

Sang desainer tersebut mengunggah tweet-nya tidak terlalu lama setelah seorang modder benar-benar sukses untuk menukar SSD bawaan Steam Deck. Modder tersebut memasangkan sebuah hard drive yang lebih besar ke dalam Steam Decknya. Diketahui bahwa hard drive bawaan pabrik 2230 M.2 dengan versi lebih besar seperti yang telah dijelaskan oleh Yang, yaitu, versi 2242.

Baca Juga : Website Steam Deck Untuk Cek Info Game

Jika berdasarkan teori umum yang telah banyak beredar, praktik yang dilakukan seorang modder ini memang mungkin saja untuk dilakukan. Banyak orang yang telah mencobanya di banyak perangkat lain. Namun, penjelasan Yang melalui Twitternya juga masuk akal dan bisa saja terjadi. Memang benar bahwa modifikasi yang dilakukan tersebut mungkin saja berhasil, tapi ada kerugian jangka panjang yang kemungkinan besar terjadi jika dilakukan.

Bagi kamu yang ingin memiliki konsol ini, kamu bisa coba langsung melakukan pemesanan dari situs resminya yang menggunakan bahasa inggris. Sebab hingga saat ini Steam Deck sendiri belum bisa masuk resmi diindonesia, dikarenakan juga jumlah stok barang yang masih terbatas. Berikut link pemesanan Steam Deck yang resmi secara preorder.