cover EA electric

Electronic Arts Menghentikan Penjualan Video Game Di Rusia

Ini Alasan Electronic Arts Menghentikan Penjualan Video Game Di Rusia Dan Belarus

 

EA e - Electronic Arts Menghentikan Penjualan Video Game Di Rusia

Akhir-akhir ini dunia sedang digemparkan dengan konflik antara Rusia dan Ukraina. Seiring dengan memanasnya situasi antara kedua negara tersebut, https://cityofseattle.net/ mendengar Electronic Arts mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan seluruh penjualan video game di Rusia dan Belarus. Mengapa langkah ini diambil oleh Electronic Arts? Mari simak penjelasan selengkapnya melalui ulasan di bawah ini.

Agresi militer yang dilakukan Rusia ke Ukraina membawa dampak buruk baginya. Bahkan banyak pihak di seluruh dunia mulai menghukum dan memboikot Rusia dalam berbagai hal, salah satunya industri game. Langkah Electronic Arts merupakan kelanjutan sanksi dunia yang dijatuhkan oleh sejumlah partner game seperti FIFA, UEFA dan International Ice Hockey Federation (IIHF).

Pada hari Jumat tanggal 4 Maret 2022, Electronic Arts mengikuti jalur yang ditetapkan oleh perusahaan video game lainnya sehubungan dengan perang yang sedang berlangsung di Ukraina. Keputusan ini dibuat demi memperhatikan keselamatan orang-orang di kawasan tersebut dan menunjukan rasa solidaritas bagi seluruh rakyat Ukraina. Tidak hanya CD Project, Electronic Arts juga memutuskan untuk berhenti menjual mata uang virtual di Rusia dan Belarus.

Sementara aplikasi Elektronik Arts dan Origin untuk wilayah Rusia akan terus tersedia tetapi tidak ada konten yang tersedia untuk dibeli di dalamnya. Electronic Arts hanya memungkinkan pengguna untuk menggunakan game atau konten yang telah mereka beli sebelumnya. Tetapi untuk sementara tidak ada pembelian baru yang dapat dilakukan di Belarus dan Rusia.

Tidak berhenti di situ, Electronic Arts akan meninjau langkah-langkah lebih lanjut yang dapat diambil di masa yang akan datang. Salah satunya dengan menghapus tim nasional Rusia dan klub Rusia Lainnya dari semua game FIFA. Perubahan serupa dilakukan oleh Electronic Arts Sport NHL untuk menghapus tim nasional, klub Rusia dan Belarusia setelah penangguhan dari International Ice Hockey Federation (IIHF).

Karena keprihatinannya terhadap keselamatan orang-orang di wilayah tersebut, Electronic Arts secara khusus meminta kepada para rekan dan mitranya di Ukraina untuk membantu seluruh wilayah yang terkena dampak perang Rusia. Lebih jauh di luar program yang sudah ada. Langkah Electronic Arts sejalan dengan mayoritas suara agar Rusia segera berdamai dan menghentikan invasinya ke Ukraina.

ukr vs russ - Electronic Arts Menghentikan Penjualan Video Game Di Rusia

Menurut laporan Techradar, keputusan Electronic Arts keluar setelah Wakil Perdana Menteri dan Menteri Transformasi Digital Ukraina, Mykhailo Fedorov memberikan surat terbuka kepada sejumlah industri video game,  PlayStation, Xbox dan developer game serta platform esports lainnya untuk menghentikan dukungan bagi pasar Rusia. Keputusan tersebut akhirnya mendapat respons baik dari sejumlah developer game yang beroperasi di Rusia.

Selain itu, tentu masih banyak faktor tambahan yang membuat Electronic Arts memberi keputusan tersebut meski akan merugikannya secara finansial, terlebih soal biaya untuk melanjutkan bisnis di kedua negara akan signifikan. Selain kemanusiaan, reputasinya juga dipertaruhkan. Ada juga fakta bahwa adanya sanksi yang diberlakukan membuat banyak opsi pembayaran tidak berlaku lagi di kedua negara tersebut.

Dari ulasan sebelumnya kamu telah mengetahui bahwa langkah Electronic Arts menghentikan penjualan merupakan bentuk kepedulian terhadap rakyat Ukraina karena serangan yang digencarkan oleh Rusia terhadapnya. Keputusan tersebut sebagai salah satu sanksi sebagaimana yang dilakukan oleh sejumlah industri game lainnya. Penghapusan tim Rusia dan pemberhentian penjualan merupakan respons dari surat edaran terbuka Wakil Perdana Menteri dan Menteri Transformasi Digital Ukraina, Mykhailo Fedorov.