cover donation

Dukungan CDPR Dan Developer Terus Berdatangan Membela Ukraina

CDPR Dan Developer Lainnya Mengecam Rusia Yang Melakukan Invasi Ke Ukraina

 

ivsukrus - Dukungan CDPR Dan Developer Terus Berdatangan Membela Ukraina

Seminggu ini dunia dihebohkan dengan berita mengenai Rusia yang menyerang beberapa tempat di negara tetangganya, Ukraina. Berita mengejutkan ini mendorong berbagai pendapat dari berbagai kalangan termasuk developer game. Ada yang terang-terangan melakukan kecaman, namun ada juga yang terlihat mendukung aksi invasi ini.

Walaupun sebenarnya kedua negara ini memang sedang bersitegang, diduga pemicu invasi kali ini adalah keinginan bergabungnya Ukraina dengan negara barat dan Nato. Hal ini membuat presiden Rusia mengecam keputusan itu dan akhirnya mendeklarasikan perang kepada negara serumpunnya. Tentu saja, dengan penyerangan yang dilakukan itu membuat Ukraina mau tidak mau mendeklarasikan perang demi mempertahankan negara mereka.

Dunia yang mendengar kabar ini pun mulai memberikan banyak pendapat. Peperangan ini membuat beberapa bidang dan hal ikut terpengaruh, salah satunya di bidang perekonomian dan perdagangan. Permintaan mengenai alat-alat peperangan menjadi sangat tinggi, sedangkan untuk perdagangan lain ke negara yang bersangkutan menjadi sulit untuk dilakukan.

Setidaknya, https://cityofseattle.net/ mengetahui ada 50.000 warga Ukraina yang sudah meninggalkan negara tersebut untuk mengungsi. CDPR dan beberapa pengembang game segera menanggapi tindakan tersebut dan mengutuk tindakan Rusia. Solidaritas ini ditujukan kepada rakyat Ukraina dan juga developer game yang berbasis di negara tersebut.

CDPR atau CD Project Red yang bertempat di Polandia, telah menyumbangkan hampir 3,5 miliar rupiah ke kelompok kemanusiaan yang mendukung para korban Ukraina yang disebut Polska Akcja Humanitarna. Berita ini disampaikan oleh pihak developer itu sendiri melalui akun Twitter resmi milik mereka.

Mereka juga menambahkan bahwa invasi yang terjadi di Ukraina membuat mereka marah dan sangat terkejut. Mereka meminta semua orang untuk bergabung dan ikut membantu semampunya untuk sama-sama membuat sebuah perbedaan yang sangat besar. Mereka juga mengatakan bahwa tidak bisa untuk tetap berdiam melihat ketidakadilan seperti itu.

Selain CDPR yang merupakan developer dari game Cyberpunk 2077, 11 Bit Studios yang merupakan pengembang game This War of Mine juga memberikan pendapatnya dengan membuat caption bertagar #FuckTheWar. Developer ini mengatakan akan menyumbangkan semua penjualan This War of Mine selama tujuh hari dimulai dengan hari pernyataan itu diberikan. Sumbangan ditujukan kepada Palang Merah Ukraina untuk rakyat negara tersebut yang mungkin terluka dan menjadi korban peperangan ini.

Ukraina Dibanjiri Sumbangan Solidaritas Dari Banyak Developer

dona - Dukungan CDPR Dan Developer Terus Berdatangan Membela Ukraina

Pengembang dan penerbit game indie yang bertempat di California, Crytivo. Mereka mengatakan akan memberikan sumbangan semua hasil keuntungan selama bulan Februari dan Maret game The Universim untuk Palang Merah Ukraina. Tidak sampai di situ, karyawan Ukraina akan diberikan cuti berbayar sampai mereka menemukan lingkungan yang aman untuk mereka bekerja lagi. Mereka berharap dengan bantuan ini, akan bisa membangkitkan semangat pihak lain untuk ikut berdiri bersama Ukraina dan membantu mereka.

Pengembangan Ceko, State of Play Games juga telah mengeluarkan pernyataan tentang bergabungnya mereka dengan Studio 11 Bit dengan menyumbangkan semua hasil keuntungan ke Palang Merah Ukraina yang mereka dapatkan melalui penjualan di Steam, App Store, dan juga Steam sebagai bentuk solidaritas terhadap Ukraina dan rakyatnya.

Tidak sampai di situ, Amanita Design yang terkenal dengan game horror juga memberikan sumbangan pendapatannya dari CHUCHEL, Creaks, dan Machinarium minggu depan ke sebuah organisasi nirlaba yang bertempat di Praha, Clovekstisni. Nah, itulah beberapa developer yang ikut menyuarakan solidaritas Ukraina dan mengecam aksi yang dilakukan Rusia. Mereka juga ikut membantu negara tersebut dengan memberikan sumbangan yang diharapkan dapat membantu negara dalam menjalani aktivitas di negara itu.

 

Referensi:

https://kotaku.com/cd-projekt-red-ukraine-russia-cyberpunk-2077-11-bit-gam-1848596321