cover SXbox

Akses Xbox Gaming Dari Edge Steam Deck

Dengan Memanfaatkan Edge, Kamu Bisa Mengoperasikan Xbox Cloud Gaming Di Steam Deck

SSxbox - Akses Xbox Gaming Dari Edge Steam Deck

City Of Seattle mendapat kabar baik sehingga para pengguna Steam Deck saat ini dapat berbahagia dengan fakta bahwa layanan game Xbox dari Microsoft sepertinya juga dapat dioperasikan dengan menggunakan konsol dari Valve itu dengan menggunakan Edge. Pasalnya, konsol Steam Deck ini baru-baru saja dirilis oleh Valve dan sempat mendapatkan beberapa keluhan mengenai analog dan kontrolnya yang sepertinya telah berhasil diatasi.

Steam Deck adalah konsol game genggam keluaran Valve yang baru saja dirilis pada akhir bulan Februari tepatnya pada tanggal 25 Februari 2022. Saat sebelum perilisannya, banyak orang yang ragu untuk membeli karena takut game yang mereka sukai tidak bisa dimainkan di konsol game tersebut.

Untuk itu, pihak Valve memberikan fitur yang bisa melihat apakah suatu game itu bisa dimainkan di Steam Deck atau tidak. Sehingga para pemain bisa langsung memastikannya sendiri. Dikabarkan juga bahwa daftar game yang bisa terus diperbarui demi memberikan informasi sebanyak mungkin untuk para pengguna dan calon pengguna Steam Deck.

Sedangkan Xbox Cloud Gaming adalah layanan penyedia game online dari Microsoft untuk para pengguna setianya. Dalam layanan ini, kamu tidak perlu mengunduh atau pun menginstal game yang telah disediakan di situs tersebut. Menariknya, kamu juga bisa mengaksesnya dari HP-mu kapan saja. Sebagai catatan, kamu harus menjadi seorang anggota dari layanan Xbox terlebih dahulu.

Ada banyak game menarik yang bisa kamu temukan di Xbox Cloud Gaming, di antaranya, Destiny 2, The Outer Worlds, Forza Horizon, Microsoft Flight Simulator, dan masih banyak lagi. Dan semua game menarik ini sekarang bisa kamu akses dengan menggunakan perangkat Steam Deck saja yang memanfaatkan Edge.

Valve Menyebut Steam Deck Sama Seperti PC Portable

Untuk memasarkan Steam Deck, Valve sampai mengklaim bahwa konsol ini bukan hanya sekadar perangkat game biasa seperti milik pesaingnya. Mereka mengatakan bahwa Steam Deck ini akan seperti PC biasa yang bisa memainkan banyak game, namun bisa dibawa ke mana saja.

Hal ini didukung dengan berita mengenai mereka yang baru saja memunculkan sistem operasi Windows 10 ke perangkat genggam itu. Pihak Valve tetap bangga dengan hasil kerja mereka dan terus melakukan perbaikan yang berarti setelah mendapatkan beberapa keluhan mengenai driver yang baru mereka pasang itu.

SS Sxbox - Akses Xbox Gaming Dari Edge Steam Deck

Tidak sampai di situ, dikabarkan bahwa sekarang para pengguna Steam Deck sudah bisa mengakses Xbox Cloud Gaming melalui perangkat genggam tersebut. Kamu baru bisa mengakses layanan tersebut dengan menggunakan browser Edge. Para pengguna pun dapat memainkan banyak game yang disediakan dilayanan Cloud milik Microsoft itu. Termasuk Destiny 2 yang merupakan game peperangan multiplayer dengan banyak penggemar.

Hal ini memungkinkan untuk dilakukan para pengguna Steam Deck setelah pihak Xbox dan Valve telah bekerja sama untuk bisa mewujudkan hal itu. Tidak hanya bisa memainkan game yang ada di Xbox Cloud Gaming, para pengguna juga bisa mencoba semua permainan yang ada di Xbox Game Pass dengan catatan bahwa mereka adalah member dari layanan game milik Microsoft itu dengan bayaran rutin setiap bulan hingga tahun.

Gagasan mengenai akses Steam Deck yang lebih luas ini sebenarnya sudah pernah dibahas oleh Phil Spencer yang merupakan perwakilan Xbox. Spencer pernah mengatakan bahwa Cloud Gaming milik Xbox harusnya bisa dimainkan menggunakan Steam Deck. Tidak disangka hal ini benar-benar terwujud, dan mereka telah bekerja sama untuk mewujudkan hal itu.

Kesepakatan ini tentu menguntungkan bagi kedua belah pihak di mana nilai Steam Deck menjadi bertambah dan layanan Xbox Cloud Gaming bisa mendapat lebih banyak pelanggan lagi. Walaupun driver Windows 10 sepertinya mengalami beberapa kendala, masih ada banyak kemungkinan di mana suatu saat nanti driver itu akan berjalan dengan baik tanpa sebuah kendala di Steam Deck. Oleh karena itu, kita tunggu perkembangan dan kabar baik dari konsol game tersebut.