Platform Video Game yang Bisa Dijadikan Pilihan

8 Platform Video Game, Yang Mana Favoritmu?

8 pilihan perangkat untuk menikmati permainan games terkini

Permainan video atau video game terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Tak hanya dari segi tampilan, cara memainkan hingga platform video game juga turut mengalami perkembangan. Permainan platform video game, tempat para gamer memainkan gamenya ini memberikan pengalaman yang berbeda. Beberapa membawa mereka menuju dunia imaginer tanpa batas, sementara yang lainnya lebih sederhana dan hanya cocok untuk dijadikan sebagai teman perjalanan. Agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik soal berbagai platform yang digunakan untuk bermain game, berikut adalah penjelasan menurut https://cityofseattle.net/

1.   PC/Komputer

1 7 - 8 Platform Video Game, Yang Mana Favoritmu?

Bermain di PC adalah salah satu cara terbaik dan tertua untuk menikmati video game. Bermain di PC juga memiliki banyak keuntungan, seperti kualitas visual yang lebih tinggi, dan lebih banyak fleksibilitas. Sering kali, visual yang ditampilkan video game di PC lebih unggul daripada di konsol. Hal ini karena video game di PC memungkinkan lebih banyak penyesuaian melalui berbagai aksesori dan opsi yang dapat meningkatkan pengalaman bermain.

Dengan PC, kamu tak hanya dapat menggunakan keyboard dan mouse untuk bermain. Kamu juga memiliki opsi untuk menggunakan controller. Game PC juga memberimu lebih banyak variasi permainan yang tersedia melalui program seperti Steam. Bahkan, game tertentu, seperti World of Warcraft dan League of Legends pun hanya tersedia di PC.

2.   Konsol

2 8 - 8 Platform Video Game, Yang Mana Favoritmu?

Konsol video game dari Microsoft, Sony, dan Nintendo telah memimpin platform game dan telah berusia belasan tahun sekarang. Bahkan, sebuah studi tahun 2018 dari Pew Research Center mengatakan bahwa, “84% remaja mengaku bahwa mereka memiliki akses ke konsol game di rumah.” Sebenarnya, bermain game di konsol game sedikit lebih mudah digunakan dibandingkan dengan PC karena game konsol biasanya dimainkan dengan controller. Sekarang, banyak perusahaan telah mengembangkan the next generation of console games. Tak hanya itu, Sony dan Nintendo juga tetap menghadirkan konsol klasik dalam bentuk mini, seperti NES Classic.

3.   Smartphone

3 7 - 8 Platform Video Game, Yang Mana Favoritmu?

Seiring meningkatnya penggunaan smartphone, maka  pengembangan video game untuk ponsel dan tablet pun ikut berkembang. Bahkan, beberapa smartphone sengaja didesain memiliki fitur yang mempermudah video gaming. Permainan yang tersedia di perangkat seluler beragam, dan tersedia dari semua genre yang berbeda. Sekarang adalah saat dimana industri game memanfaatkan berbagai judul populer seperti Clash of Clans, Fortnite, dan Angry Birds. Dalam beberapa tahun terakhir, game seluler juga telah memanfaatkan augmented reality dengan game interaktif seperti Pokémon Go dan Harry Potter: Wizards Unite yang baru dirilis.

4.  Virtual Reality

4 5 - 8 Platform Video Game, Yang Mana Favoritmu?

Selain game seluler, industri game juga terus mendorong era virtual reality. VR menempatkan kamu di tengah dunia virtual, dan ini akan menjadi salah satu pengalaman bermain game yang paling imersif yang tersedia saat ini. Dalam penggunaanya, VR mengharuskan kamu memakai headset, yang memungkinkanmu untuk melihat dunia virtual; Oculus, Sony, HTC, Samsung, dan merek-merek lain yang menawarkan berbagai jenis headset VR. Selain headset, kamu juga akan memakai kontrol yang memungkinkanmu untuk “bergerak” di dunia virtual. Tips agar aman dalam menggunakan VR, pastikan kamu memiliki ruang fisik yang cukup. VR adalah platform game yang mungkin memiliki potensi paling besar di luar game, dan sekarang semua orang masih terus melihatnya bergerak maju selama bertahun-tahun yang akan datang.

5.   Arcade

5 4 - 8 Platform Video Game, Yang Mana Favoritmu?

Arcade mungkin terlihat seperti platform game yang akan segera mati, Tapi, beberapa orang ternyata haus akan nostalgia, dan bagi mereka tidak ada yang bisa memuaskan dahaga seperti game arcade. Beragam permainan seperti Pacman, Donkey Kong, Galaga, dan lainnya selalu terlihat menunggu untuk dimainkan. Platform ini adalah cara bermain game yang paling populer di tahun 80-an. Saat itu, orang biasanya harus mengunjungi arcade, restoran, atau bioskop lokal untuk memainkan sebuah game. Game arcade biasanya menampilkan mesin besar yang dibuat khusus untuk satu game. Menariknya, mesin game arcade masih dalam produksi hingga saat ini dan hadir di pusat-pusat hiburan seperti Dave & Busters dan Main Event. Jika mau, kamu juga bisa membeli stasiun arcade untuk diri sendiri dan membangun koleksi pribadi.

6.   Televisi

7 1 - 8 Platform Video Game, Yang Mana Favoritmu?

Platform video game yang banyak orang tidak tahu adalah televisi. Jika kamu memiliki smart TV, maka sebenarnya kamu bisa mengunduh game dan bermain tanpa konsol. Meskipun setiap smart TV berbeda, tapi kebanyakan dari mereka menawarkan toko aplikasi dimana kamu dapat mendownload game dengan cara yang sama seperti mengunduh game di smartphone. Untuk bermain game di televisi, kamu mungkin perlu menghubungkannya dengan game controller. Televisi membuatmu bisa menikmati beberapa game keren di layar besar, dan ini lebih terjangkau dibanding membeli konsol.

7.   Web Browser

8 1 - 8 Platform Video Game, Yang Mana Favoritmu?

Cara mudah lain untuk bermain game adalah dengan menggunakan web browser. Ribuan game gratis tersedia di Internet, dari game besutan acara TV hingga game klasik seperti Rune Scape dan Farm Ville. Terdapat juga banyak permainan edukatif menyenangkan yang dapat membantu sekolah, seperti Lemonade Stand. Internet bisa jadi cara yang paling mudah diakses oleh orang-orang dari segala usia untuk bermain game saat ini.

8.   Streaming

9 1 - 8 Platform Video Game, Yang Mana Favoritmu?

Platform game terakhir yang bisa kamu nikmati adalah streaming. TV telah lebih dulu beralih ke streaming, dan sekarang video game mencoba melakukan hal yang sama. Umumnya, kamu harus terlebih dulu mengunduh game untuk mendapatkan game dengan kualitas yang baik. Namun kini, Google membuat game lebih mirip Netflix dengan layanan cloud gaming-nya, Stadia. Jadi, tanpa harus menyimpan game di satu platform, Stadia memungkinkan kamu bermain game di banyak platform dengan streaming game dalam kualitas 4K. Hal ini menjadikan video game sebagai bagian dari teknologi terbaru yang berpindah ke cloud. Ini juga akan membuat bermain game jadi lebih mudah dari sebelumnya dan memungkinkan siapapun bisa bermain di mana saja hanya dengan berlangganan.