11 Rekomendasi Aplikasi Game Untuk Bermain Sambil Belajar

11 Rekomendasi Aplikasi Game Untuk Bermain Sambil Belajar

12 views
0

11 Rekomendasi Game Edukasi Anak Yang Bikin Belajar Terasa Lebih Menyenangkan

SS Rekomendasi Game Edukasi - 11 Rekomendasi Aplikasi Game Untuk Bermain Sambil Belajar

Kata siapa belajar itu hanya berkaitan dengan semua hal yang membosankan? Sekarang sudah banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menambah ilmu. Entah untuk diri kita sendiri atau untuk orang lain. Terkadang sebagai orang tua, mungkin kita bingung bagaimana caranya memberikan pemahaman kepada anak, tapi dengan hal-hal yang menyenangkan. Pasalnya, anak-anak biasanya mudah bosan dan fokusnya mudah untuk teralihkan. Untuk menghadapi hal seperti ini, kamu bisa menggunakan game sambil belajar edukasi anak yang sudah banyak macamnya.

Teknologi sekarang memang sudah di level tinggi, ada banyak hal yang terbantu dengan berbagai penemuan yang terus dibuat oleh manusia. Salah satu yang cukup terbantu adalah game edukasi anak. Zaman sekarang, anak-anak tumbuh dengan teknologi dan mereka hidup berdampingan. Mulai bermunculanlah hiburan anak yang berbentuk digital, hingga game bermain sambil belajar edukasi anak agar pemanfaatan teknologi tidak menjadi sia-sia.

Selain bisa untuk menghibur anak, game edukasi anak tentunya dapat menambah pemahaman baru untuk anak tanpa mereka menyadarinya. Ini tentu akan sangat bermanfaat bagi orang tua baru yang mungkin kebingungan untuk mengajarkan anaknya yang masih kecil dan sedang rewel-rewelnya. Sekarang ini, lazim untuk kita melihat bagaimana anak-anak bisa diam sekejap hanya dengan dibujuk dengan sebuah gadget. Daripada membiarkan mereka bermain game biasa saja, lebih baik memberikan game edukasi anak. Karena selain menghibur, mereka juga bisa belajar dari sana.

Sekarang ini, sudah banyak game edukasi anak yang bisa kamu pilih. Mulai dari edukasi untuk belajar bahasa inggris, membaca, hingga matematika. Pada dasarnya, belajar dengan cara biasa akan membuat kita mudah bosan, apalagi jika yang belajar adalah anak-anak. Dengan adanya game edukasi anak ini mungkin akan bisa membuat mereka menjadi lebih bersemangat lagi. Untuk itu, City Of Seattle akan bahas mengenai 11 rekomendasi game edukasi anak untuk aplikasi belajar sambil bermain yang lebih menyenangkan dari biasanya.

1.          Coloring & Learn

SS Coloring Learn - 11 Rekomendasi Aplikasi Game Untuk Bermain Sambil Belajar

Dari judulnya saja kita sudah mengetahui bahwa game edukasi anak yang satu ini mencakup cara untuk mewarnai dan belajar hal-hal lainnya. Mewarnai adalah salah satu cara yang bisa kamu berikan untuk meningkatkan kecerdasan motorik dari sang anak. Kecerdasan motorik sendiri merupakan istilah untuk kemampuan anak untuk bisa menggerakkan anggota badannya dan mengkoordinasikannya. Saat mewarnai, anak akan melakukan berbagai gerakan menggunakan tangannya untuk mengisi setiap bagian yang kosong.

Selain itu, anak-anak juga bisa belajar banyak hal selain mewarnai, seperti, mengetahui berbagai macam hewan yang ada di dunia, belajar alfabet sebagai dasar untuk membaca, belajar angka untuk dasar menghitung, dan masih banyak lagi. Pastinya semua permainan yang akan anak mainkan menggunakan satu aplikasi ini pun ada cukup banyak modelnya. Sehingga tidak salah jika kita menyebutkan Coloring & Learn ini sebagai salah satu game edukasi anak yang masuk rekomendasi.

2.          Duolingo

SS Duolingo - 11 Rekomendasi Aplikasi Game Untuk Bermain Sambil Belajar

Mempelajari bahasa asing memang merupakan salah satu pelajaran yang biasanya diberikan kepada anak semenjak mereka masih sangat kecil. Hal ini bertujuan agar sang anak bisa terbiasa dan dengan sangat mudah mencerna bahasa asing di kepalanya. Kondisi anak yang belum terlalu banyak belajar berbagai hal, bisa membuat mereka lebih mudah untuk mengingat banyak hal termasuk bahasa. Dan inilah peran Duolingo sebagai game edukasi anak yang direkomendasikan kali ini.

Duolingo hadir sebagai game edukasi anak yang berfokus pada pengembangan bahasa asing setiap anak. Di aplikasi ini ada berbagai macam bahasa yang bisa kamu pilih untuk diajarkan kepada anak. Tidak hanya bahasa Inggris, game edukasi anak ini juga mencakup bahasa lainnya, seperti, bahasa Jepang, Jerman, Perancis, Mandarin, dan masih banyak lagi. Duolingo menampilkan berbagai animasi untuk bisa menarik perhatian para anak yang akan belajar nantinya.

3.          Khan Academy Kids

SS Khan Academy Kids - 11 Rekomendasi Aplikasi Game Untuk Bermain Sambil Belajar

Di urutan ketiga game edukasi anak yang direkomendasikan ada Khan Academy Kids. Game ini mencakup berbagai macam pengajaran yang mungkin dibutuhkan anak-anak. Macam pengajaran ini, antara lain, membaca, menulis, matematika, bahasa, hingga hal-hal yang mungkin jarang dipelajari secara langsung oleh anak seperti keterampilan untuk memecahkan berbagai macam masalah juga perkembangan sosial mereka.

Dalam aplikasi game edukasi anak ini kamu tidak hanya akan menemukan ratusan macam permainan saja, melainkan sampai ribuan pilihan permainan. Dan semua ini dapat dimainkan untuk anak-anak TK, pra-sekolah, hingga yang masih balita sekali pun. Memang dirancang sebagai game edukasi anak, kamu akan menemukan berbagai hal-hal menarik yang didesain dengan sangat lucu dan interaktif demi memikat hati anak-anak.

4.          Math Land

SS Math Land - 11 Rekomendasi Aplikasi Game Untuk Bermain Sambil Belajar

Ini nih game edukasi anak yang sangat ditunggu-tunggu para orang tua. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang paling banyak disebutkan oleh anak-anak saat ditanyakan mengenai pelajaran yang paling mereka tidak sukai. Kebanyakan orang dewasa juga mengatakan hal yang sama dengan anak-anak. Ketika ada seseorang yang menempatkan matematika sebagai mata pelajaran yang ia sukai, hal ini akan dianggap sedikit aneh. Untuk itu, para developer mulai berlomba-lomba membuat game edukasi anak matematika yang tidak membosankan.

Math Land diharapkan bisa membuat anak-anak menjadi mudah dalam mempelajari pelajaran berhitung dan bahkan menyukainya. Dengan animasi dan video interaktif yang diberikan, anak-anak tidak akan bosan untuk memainkan game edukasi anak yang satu ini. Orang tua pun bisa lebih tenang saat membiarkan anaknya bermain game dengan banyaknya konten edukasi yang tersirat di dalamnya.

5.          Belajar Membaca Anak

SS Belajar Membaca Anak - 11 Rekomendasi Aplikasi Game Untuk Bermain Sambil Belajar

Melihat anak yang sudah bisa belajar membaca, biasanya akan membuat para orang tua bangga. Nah, sekarang ini ada game edukasi anak yang sarat akan konten belajar membaca yang bisa digunakan sejak dini. Anak-anak pun tidak hanya bermain dengan semangat dan hati senang, tapi bisa sambil belajar membaca. Pasalnya, membaca adalah salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap anak untuk bisa mempelajari hal lainnya ke depannya.

Anak-anak yang berumur 5 sampai 6 tahun akan sangat cocok untuk memainkan game edukasi anak yang satu ini. Permainan tersebut akan membuat anak mempelajari huruf vokal, konsonan, hingga silabel yang menjadi dasar dalam pembelajaran di bidang membaca. Yang perlu digarisbawahi adalah game edukasi anak itu menggunakan bahasa Indonesia, sehingga pembelajaran membaca yang akan didapatkan pun menggunakan bahasa tersebut.

6.          Educational Games 4 Kids

SS Educational Games 4 Kids - 11 Rekomendasi Aplikasi Game Untuk Bermain Sambil Belajar

Di urutan keenam game edukasi anak yang akan dibahas ada Educational Games 4 Kids yang berisikan berbagai macam minigames dengan berbagai macam edukasi di dalamnya. Mulai dari mewarnai untuk meningkatkan kecerdasan motorik, puzzle untuk meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah, hingga mempelajari segala hal yang berada di sekitar anak seperti hewan dan benda-benda dengan kegunaannya.

Game edukasi anak yang terdiri dari berbagai minigames itu akan cocok untuk orang tua yang mungkin ingin lebih praktis. Anak-anak tinggal membuka satu aplikasi game saja dan mereka sudah bisa memainkan berbagai macam permainan yang berisi banyak pelajaran. Ini juga bisa menjadi salah satu pilihan jika kapasitas memori dari gadget yang dipakai sangat terbatas. Akan sangat cocok juga untuk para anak yang mudah bosan jika melakukan sesuatu secara berulang.

7.          Cut the Rope

SS Cut the Rope - 11 Rekomendasi Aplikasi Game Untuk Bermain Sambil Belajar

Game yang satu ini memang bukan seperti game edukasi anak lainnya, karena tidak benar-benar ditujukan sebagai sebuah pembelajaran. Namun, dapat meningkatkan kecerdasan anak dalam menyelesaikan permasalahan dan bagaimana mereka menciptakan strategi-strategi tersebut. Akan sangat cocok untuk anak-anak yang sudah cukup besar dan suka sekali dengan berbagai macam permainan yang bisa diakses olehnya.

Pelajaran untuk membuat strategi dan memecahkan masalah-masalah sederhana memang tidak mempunyai mata pelajaran formal di sekolah, sehingga para anak hanya bisa mempelajarinya sendiri dari berbagai pengalaman yang akan ia temukan. Selain itu, orang tua juga bisa memanfaatkan game berbasis logika untuk membuat mereka punya lebih banyak kesempatan lagi untuk bisa bermain. Cut the Rope yang memiliki arti potong tali dengan basis logika ini tentu bisa dimasukkan ke dalam salah satu rekomendasi untuk game edukasi anak terbaik.

8.          Animal Jam

SS Animal Jam - 11 Rekomendasi Aplikasi Game Untuk Bermain Sambil Belajar

Dengan desain karakter dan didukung dengan grafis yang sangat bagus, anak pasti akan betah untuk terus memainkannya dan tanpa sadar ilmunya terus bertambah. National Geographic Society hadir dengan game edukasi anak interaktif yang akan memberikan pengenalan dan pemahaman lebih pada anak mengenai berbagai macam hewan yang tersebar di seluruh dunia. Hewan yang ada pun didesain dengan sangat lucu, sehingga perhatian mereka tidak akan teralih dari game tersebut.

Karena National Geographic Society ini memang didesain sebagai game edukasi anak, pihak pengembang tersebut menambahkan fitur yang disebut dengan parental control di mana orang tua akan bisa selalu memonitor aktivitas anak dengan permainan tersebut. Dengan begini para orang tua tidak perlu khawatir jika anak terus bermain dan justru tidak berhenti, karena memang hal ini bisa saja terjadi jika mengingat permainan bisa membuat candu.

9.          ABC Kids

SS ABC Kids - 11 Rekomendasi Aplikasi Game Untuk Bermain Sambil Belajar

Tidak bisa dipungkiri, belajar alfabet adalah salah satu pelajaran penting yang dibutuhkan anak-anak untuk bisa belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Membaca sudah menjadi sebuah kemampuan dasar setiap anak untuk bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, game edukasi anak dengan judul ABC Kids akan menjadi salah satu permainan wajib yang perlu dimainkan anak-anak sedini mungkin. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah untuk belajar membaca ke depannya.

Game edukasi anak yang satu ini akan cocok jika dimainkan oleh balita. Mereka nantinya dapat belajar membaca sambil ditemani oleh berbagai macam hewan yang didesain dengan lucu. Hewan utama yang akan membantu para balita ini adalah berbentuk seperti macam yang nantinya akan sering bernyanyi bersama dengan hewan-hewan lainnya. Game edukasi anak tersebut juga memiliki fitur khusus untuk orang tua yang ingin selalu mengecek perkembangan sang anak bersama game itu.

10.     Game Anak Sholeh

SS Game Anak Sholeh - 11 Rekomendasi Aplikasi Game Untuk Bermain Sambil Belajar

Salah satu hal penting yang harus diajarkan kepada anak sejak dini adalah pemahaman agama. Dengan begitu, mereka akan lebih memahami keyakinan mereka dan bagaimana cara beribadah yang tepat, terbiasa mengamalkan perilaku yang diperintahkan, dan kebiasaan pun akan lebih terbentuk. Layaknya permainan lainnya, game edukasi anak yang mencakup agama juga mulai marak di pasaran. Salah satu yang bisa kamu pertimbangkan jika menganut agama Islam adalah Game Anak Sholeh.

Game edukasi anak yang satu ini mengajarkan berbagai macam pengetahuan dasar tentang Islam dengan berbagai hal yang menarik. Anak tidak hanya akan berkenalan dan membaca huruf hijaiya agar kelak menjadi dasar untuk membaca Al-Qur’an saja, ada juga tata cara Wudhu, Shalat, hingga berbagai kisah teladan nabi yang dibuat semenarik mungkin agar anak tidak mudah bosan nantinya.

11.     Play and Learn Science

SS Play and Learn Science - 11 Rekomendasi Aplikasi Game Untuk Bermain Sambil Belajar

Game edukasi anak kali ini akan berfokus ke tema dan topik pembahasan yang berkaitan dengan sains di kehidupan sehari-hari. Game tersebut akan bisa anak mainkan menggunakan mobile phone dengan dua sistem operasi terpopuler di dunia, yaitu, iOS dan juga Android. Kehidupan kita memang dikelilingi dengan berbagai fenomena sains yang menarik, sehingga akan sangat bermanfaat jika dipelajari oleh anak sedini mungkin.

Game edukasi anak yang satu ini mungkin akan membutuhkan lebih banyak pengawasan orang tua. Pasalnya, sains memiliki berbagai macam hal unik yang mungkin akan membuat anak bingung. Mereka pun bisa langsung menanyakan apapun pada orang tua saat mereka tidak mengerti. Orang tua juga bisa mengajak anak untuk melakukan berbagai kegiatan langsung dengan melihat beberapa praktik sains sederhana yang ada di game edukasi anak tersebut.

Itulah 11 rekomendasi game edukasi anak untuk bermain sambil belajar berbagai macam hal dengan cara yang sangat menyenangkan dan menghibur. Tidak ada lagi pernyataan bahwa belajar adalah hal yang sangat membosankan. Di bandingkan membiarkan anak menggunakan gadget untuk bermain game yang tidak mendidik, lebih baik mulai mengenalkannya dengan berbagai game edukasi anak.

Beberapa game edukasi anak sudah dirancang dengan fitur kontrol untuk orang tua, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika anak terus memainkan tanpa mengenal waktu. Biasanya ada fitur untuk mengunci game di waktu tertentu. Walaupun ini adalah sebuah game edukasi anak, tetap dibutuhkan pengawasan langsung dari orang tua. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya hal-hal tidak terduga, karena pada dasarnya apa pun kegiatan anak, yang paling dibutuhkan adalah bagaimana peran orang tua di setiap kegiatan tersebut.