10 Genre Game Yang Wajib Kamu Ketahui

10 Genre Game Yang Wajib Kamu Ketahui

51 views
0

Kenali Dahulu Nama Kategori Game Sebelum Kamu Mainkan

Jika dulu genre sebuah video game bisa dilihat dengan jelas, maka tidak untuk sekarang sebab informasi terbaru game petualangan yang penuh dengan aksi dikenal dengan genre menjadi lebih luas. Saat ini semakin bermunculan genre dan sub-genre baru. Para game developer berlomba untuk mengembangkan dan memadukan berbagai jenis genre genre game dengan cara baru dan tak terduga. Agar kamu bisa lebih memahami landscape genre game adalah artinya apa yang terus berkembang tersebut, berikut jenis genre game 10 kategori video game yang paling relevan saat ini menurut https://cityofseattle.net/

1.   Sandbox

Sandbox - 10 Genre Game Yang Wajib Kamu Ketahui

Sandbox alias “kotak pasir” adalah sebuah istilah yang populer dalam dunia teknologi untuk menggambarkan mode open-ended yang tersedia dalam suatu game. Hal ini berkaitan dengan kebebasan pemain dalam menentukan jalannya permainan, open environments, dan gameplay non-linear. Genre genre game Sandbox ini terus  berkembang dan sekarang  semakin banyak bermunculan.

Dalam game ini, pemain seringkali memiliki tujuan dan jalur naratif yang kurang konkret untuk dikejar. Bukannya mengalahkan musuh atau menyelamatkan sang putri, pemain malah akan dihadapkan dengan berbagai tugas yang harus diselesaikan dengan berbagai cara. Meski begitu, game petualangan yang penuh dengan aksi dikenal dengan genre ini ampuh untuk menarik pemain ke dalam pengalaman yang lebih mendalam, serta mendorong mereka untuk melakukan eksperimen-eksperimen baru. Minecraft, Grand Theft Auto, dan The Sims adalah beberapa game bergenre sandbox yang sedang populer saat ini.

2.   Real-time Strategy (RTS)

RTS - 10 Genre Game Yang Wajib Kamu Ketahui

Sebenarnya, game dengan genre Real-time strategy (RTS) ini sudah ada selama bertahun-tahun, bahkan sebelum sebagian besar pemain tahu istilah genre ini. Berkat popularitas mereka yang bertahan lama dan pertumbuhan sub-genre baru, game RTS tetap menjadi bagian yang mencolok dari landscape video game.

Pola dasar dari RTS game adalah pemain Dune II dan AI mengontrol faksi yang berbeda dan bersaing satu sama lain secara real time dan bersamaan. Jadi, istilah  “real-time strategy”adalah kebalikan dari turn-based strategy. Game jenis ini biasanya menyertakan resource and map management, serta memberikan tampilan top-down atau dari atas ke bawah.

Warcraft, Age of Empires, dan Command & Conquer adalah adalah beberapa game RTS paling populer. Sedangkan, contoh game RTS dengan turn-based strategy adalah Civilization Series. Terdapat juga game RTS yang memadukan kedua strategi seperti Total War franchise.

3.   Shooter

Shooter - 10 Genre Game Yang Wajib Kamu Ketahui

Shooter atau game tembak-menembak adalah salah satu genre game tertua yang saat ini telah berkembang menjadi dua subgenre utama yaitu; first-person shooter (FPS) and third-person shooter (TPS).

Meskipun sekarang mengkategorikan sub-genre shooter game ini cukup sulit, tapi sebagian besar game battle royale (sub-genre lain), dapat dikategorikan sebagai game first-person shooter (FPS) atau third-person shooter (TPS). Termasuk di antaranya Fortnite dan Player Unknown’s Battlegrounds.

Perbedaan utama dari ke dia sub-genre ini terletak pada perspektif. FPS mensimulasikan sudut pandang manusia yang khas, menunjukkan pada dasarnya apa yang dilihat oleh karakter dalam game yang kamu mainkan adalah pilihannya sendiri, seperti pada Half-Life, Call of Duty, dan DOOM. Sedangkan TPS menarik kembali perspektif dan hanya menampilkan keseluruhan karakter dalam game, serta lingkungan sekitar, seperti dalam seri Gears of War dan Tom Clancy’s The Division.

4.   Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)

MOBA - 10 Genre Game Yang Wajib Kamu Ketahui

Ini adalah sub-genre yang semakin populer karena bisa terkoneksi ke berbagai sub-genre lain. MOBA game bisa berbagi banyak fitur dengan game bergenre Real-time strategy (RTS). Kedua sub-genre ini memiliki top-down perspective yang menekankan pada map and resource management, serta real-time competition antar pemain.

Perbedaan utama antara game MOBA dan RTS terletak pada karakter dan peran pemain. Dalam MOBA, kamu mungkin memiliki faction alignment dan banyak dasar-dasar RTS dalam permainan, tetapi kamu hanya bisa mengontrol satu karakter. Sedangkan dalam kebanyakan game RTS, kamu bisa membangun komunitas dan memimpin banyak unit.

Game MOBA lebih mengutamakan multiplayer dan team play. Beberapa judul MOBA game terkenal bahkan menampilkan elemen yang dikendalikan AI. Dalam game MOBA, kamu biasanya harus bermain dan bersaing dengan pemain lain untuk memenuhi serangkaian kondisi kemenangan. 2 game MOBA yang paling populer saat ini adalah Dota 2 dan League of Legends, keduanya telah mengembangkan banyak pemain besar di eSports.

5.   Role-playing games (RPG, ARPG, and more)

RPG - 10 Genre Game Yang Wajib Kamu Ketahui

Cara kerja dasar dari game role-playing ini sangat sederhana dan ada di mana-mana, di banyak permainan, yaitu kamu membuat dan mengendalikan karakter, kemudian ditingkatkan menggunakan experience points. Role playing game kemudian dikategorikan lagi ke dalam beberapa sub-genre sebagai berikut:

  • RPG: Mencakup berbagai niche dan sub-genre yang berbeda, mulai dari game meja dengan kartu dan dadu (Dungeons & Dragons) hingga video game RPG (Fallout).
  • ARPG: Game RPG aksi yang ditekankan pada pertempuran tetapi mencakup banyak karakteristik RPG standar, seperti The Witcher 3.
  • CRPG: Disebut juga sebagai RPG Komputer karena biasanya dikembangkan oleh Western developer yang memang khusus merancang untuk para pemain game PC. Contohnya seperti 2 Fallout games pertama.
  • MMORPG: penggabungan game online berformat multipemain masif dengan gameplay RPG. Beberapa judul terkenal untuk sub-genre ini yaitu World of Warcraft, EVE Online, dan Elder Scrolls Online.
  • TRPG: Kependekan dari tactical role-playing TRPG terlihat seperti permainan strategi tetapi lebih menekankan pada pemikiran kreatif dan pengambilan keputusan jangka pendek, seperti seri XCOM.
  • Roguelike: Strict definitions of turn-based gameplay. Seperti beberapa bentuk permadeath, tile graphics, dan procedural generation. Namun sekarang sudah banyak contoh baru dan populer, seperti The Binding of Isaac dan Spelunky, yang masing-masing lebih fokus pada aksi dan platform.
  • Roguelite: Sub-genre ini tidak termasuk satu atau lebih elemen kunci dari typical roguelike. Definisi untuk sub-genre ini akan bervariasi, tetapi Rogue Legacy adalah contoh yang diterima secara luas.

6.   Simulation and Sports

Simulation - 10 Genre Game Yang Wajib Kamu Ketahui

Game dengan genre game pc ini telah banyak berkembang dari tahun ke tahun, meskipun mungkin di matamu terlihat sama saja. Tapi, kemajuan teknologi grafis dari para developers telah menawarkan pengalaman imersif yang unik. Iterasi terbaru telah memberikan tingkat detail yang mengesankan dan menunjukkan seberapa banyak genre genre game ini yang telah berubah.

Jenis genre game sport telah berkembang dalam berbagai bentuk, menawarkan kemitraan penuh dengan organisasi olahraga besar, dari trek balap ke lapangan-lapangan. NBA 2K dan Madden NFL adalah dua contoh terkenal yang menampilkan kualitas design super detail dari bola basket dan sepak bola profesional, sedangkan Forza adalah game balap mobil bergaya simulasi.

7.   Puzzlers and Party Games

Puzzlers - 10 Genre Game Yang Wajib Kamu Ketahui

Jenis genre game Puzzle dan Party juga saling tumpang tindih secara signifikan karena keduanya sama-sama menekankan pada mekanisme permainan. Dalam game puzzle kamu bisa memilih untuk memainkan game berdasarkan tema atau permainan meja tradisional dengan set aturan tertentu.

Game pesta sebenarnya genre game adalah memiliki konsep yang sama, hanya saja mengambil premis itu sedikit lebih jauh dengan menyertakan elemen multipemain. Mereka juga menggandakan gameplay. Seperti pada Seri Mario Party yang sangat populer, dan menghasilkan lebih dari 10 angsuran dan spin-off. 3 contoh game puzzle dan pesta yaitu Jackbox Party Pack (party game), The Talos Principle (puzzler), dan Portal 2 (puzzler).

8.   Action-adventure

adventure - 10 Genre Game Yang Wajib Kamu Ketahui

Merupakan genre hibrida yang paling awal dikenal, game action-adventure berfokus pada plot dan pertarungan melalui keterlibatan cerita dan mekanisme gameplay yang ketat. Karena itu, banyak game yang bisa masuk ke dalam kategori ini, termasuk franchise Legend of Zelda klasik yang membuka jalan bagi banyak franchise.

Sebagian besar pemain game ini menarik garis antara action-adventure dengan cara pemain menyeimbangkan cerita dan fitur seperti simulasi pertempuran. Seri Assassin’s Creed Ubisoft telah menjadi andalan game bergenre ini sejak 2007, karena selalu rilis baru hampir setiap tahun, jadi game ini menampilkan tingkat imersi yang tinggi. Mereka juga telah membawa gamer ke berbagai tempat dan dengan sejarah menarik, mulai dari London selama Revolusi Industri (Syndicate) hingga Yunani kuno (Odyssey).

Dirilis pada akhir 2019, Star Wars Jedi: Fallen Order adalah judul game action-adventure lain yang diterima dengan baik dari orang-orang di Respawn, yang sebelumnya memainkan seri Titanfall. Contoh lain yang lebih modern termasuk hame seri Watch Dogs, Sekiro, dan game Arkham.

9.   Survival and Horror

Survival - 10 Genre Game Yang Wajib Kamu Ketahui

Game survival dan horror memiliki banyak overlap, hingga sampai menciptakan sub-genre sendiri (survival horror). Secara khusus, game genre ini juga sering berbagi beberapa fitur dasar dengan rekan bertahan mereka, survival counterparts genre. Bahkan, saat developers menambahkan lebih banyak FPS dan fitur penembak konvensional ke game survival and horor tertentu, terjadi perdebatan yang saling mempertanyakan soal bagaimana mengkategorikan game ini.

Sebenarnya, mekanisme utama dari game survival berpusat pada resource management, dan sering kali menggabungkan crafting atau salvage systems yang dapat digunakan untuk membantu menjaga karakter kamu tetap hidup. Minecraft adalah survival game paling populer. Selain itu ada Don’t Starve, dan kemudian ada game seperti The Long Dark, yang berfokus sepenuhnya pada elemen bertahan hidup dengan mode khusus yang meningkatkan kesulitan.

Kemudian, Horror game adalah kategori yang lebih luas, bisa dibilang mencakup belasan judul survival game. Hampir semua hal tentang zombie, alur cerita pasca-apokaliptik, atau banyak game menakutkan lain dianggap horor. Game genre ini seringkali bersifat psikologis, karena menggunakan ketegangan untuk membenamkan pemain dalam permainan. Beberapa game horor murni ada Amnesia: The Dark Descent, Alien: Isolation, dan Blair Witch.

10.   Platformer

Platformer - 10 Genre Game Yang Wajib Kamu Ketahui

Apakah kamu sedang ingin bermain game yang konsepnya tidak banyak berubah selama bertahun-tahun? Dalam hal nostalgia dan kesetiaan, game bergenre platformer adalah jawaban. Genre ini mencakup berbagai game yang masih dengan bangga menampilkan akarnya di side-scroller 2D paling awal. Platformer genre game pc melibatkan berlari, memanjat, dan melompat saat pemain menjelajah, lalu meningkatkan level permainan dengan beberapa tantangan.

Game platformer menyajikan side view dan kontrol sederhana. Donkey Kong sering dianggap sebagai pioner game platformer pertama. Kemudian disusul oleh Super Mario Bros, dan Sonic the Hedgehog. Beberapa tahun setelahnya lalu muncul Crash Bandicoot, Naughty Dog pertama yang tersaji dengan sudut kamera yang berbeda (head-on), yang mampu mempesona banyak orang. Platformer game sangat populer di kalangan studio dan gamer indie.